Produksi jagung kita lebih banyak dan berkualitas, Sulsel Enggan Kerjasama Gorontalo

Ragukan Jalur Distribusi Pemasaran

MAKASSAR, Upeks--Pemprov Gorontalo mengajak Pemprov Sulsel untuk menjalin kerjasama dalam hal perluasan pasar produksi jagung. Gubernur Gorontalo, Fadel Muhammad menawarkan program ekspor terpadu yang berpusat di provinsi baru tersebut. Artinya, sebelum keluar ke Malaysia atau Singapura misalnya, jagung Sulsel ditampung di Gorontalo.

"Kita akan menggagas kerjasama untuk persiapan ekspor, melalui Gorontalo. Ini akan lebih memajukan nilai jual jagung Sulsel dan Gorontalo," katanya kepada wartawan dikantor Gubernur Sulsel, Rabu (25/6).
Dilain sisi, Fadel menganggap kualitas jagung Sulsel lebih baik sehingga dapat menarik minat para importir.
Namun sebaliknya, Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo menanggapi tawaran Fadel terlalu berlebihan. Menurutnya, pihaknya tidak keberatan dengan kerjasama demi kepentingan rakyat, khususnya petani. Tetapi tawaran jalur distribusi penjualan tersebut dia mengaku kurang simpati.
"Kita kan bisa menerobos pasar sendiri. Apalagi produksi jagung kita lebih banyak dan berkualitas," tandasnya.
Sebagai catatan, produksi jagung Gorontalo hanya berkisar 700 ribu ton pertahun. Tahun ini menurut Fadel ditarget produksi sampai satu juta ton. Angka tersebut lebih kecil dari produksi Sulsel di atas satu juta ton pertahun. Bahkan Sulsel berencana surplus 1,5 juta ton tahun ini. (Syukur)

 

Sumber: UjungPandang Express

0 comments:

Gorontalo Corner

Recents

Latest Comments

Institut Pertanian Bogor terkini

Eramuslim- Nasional

Template by : Faizal Kasim
RMGB Blog is Powered by Blogger-Image Hosting By TinyPic