Alasan Mengapa Pejabat Harus Nge-Blog

Pejabat harus nge-? Ya.iyalah.. liat aja Bang Yusril Ihza Mahendra, Wilmar Witular, dan sapa lagi ya..walaupun statusnya udah mantan pejabat banyak ide dan pikiran yang baik bisa kita simak dari blog mereka..

Setidaknya ada beberapa alasan kenapa pejabat harus nge-blog. Setidaknya ini menurut versi aku. Oleh sebab itu siapa saja silahkan menambahkan atau mengoreksi alasan-alasan berikut seorang pejabat seharusnya nge-blog punya blog. Lalu siapa aja pejabat yang dimaksud dalam kategori pejabat harus ngeblog di sini? Tentu saja adalah mereka pejabat Negara, Pejabat Daerah, Mantan Pejabat, Pejabat Publik, baik yang mantan maupun masih aktif.  Kategori tidak termasuk untuk Pejabat Gadungan seperti yang ada di mesin .

Anyway, di bawah ini adalah alasan-alasan seharusnya pejabat itu nge-blog;

1. Biar tidak dicap gaptek (baca: gagap teknologi).

Sekarang ini jamannya booming Internet. Dengan upaya penetrasi jaringan internet sampai ke daerah-daerah terpencil dan penurunan biaya akses data-communication interconection, Masak sih Pejabat hanya tau ngakses aja (baca browsing).   Apalagi taunya browsing content bokep mlulu ..Wah..kualat deh. Mending pejabat kaya gini minta pensiun dini aja deh. Btw, tanpa mengesampingkan cukup banyaknya pejabat yang gak gaptek dengan apa itu istilah online network - tanpa dilampirkan buktinya - ada banyak juga lho fakta bahwa untuk urusan internet pejabat hanya tau bikin/baca mail dan browsing.

2. Biar Masyarakat Kudu Tau Persolan Sebenarnya.

Beberapa kasus membuktikan pemilintiran kata, pendapat, dsb entah oleh media cetak maupun elektronik kadangkala terjadi dalam upaya mencari sensasi berita untuk harga jual medianya.  Oleh sebab itu, blog bagi seorang pejabat bisa menjadi penerang berupa informasi langsung dari Pejabat bersangkutan tentang ide, pikiran, hingga kebijakan yang diambil pejabat tersebut.  Sehingga masayarakat tidak terjebak pada "isyu", sebaliknya akan memperoleh informasi langsung yang jelas dan akurat dari blog pejabat bersangkutan.

3. Terhindar dari Politik Busuk Lawan

Jabatan identik dengan kekuasaan. Tidak heran Jabatan adalah tujuan dari golongan orang-orang serakah untuk mendapatkannya.  Entah dengan jalan yang benar etis atau dengan jalan menghalalkan semua cara.  Satu hal yang juga pasti. Menjadi Pejabat di Indonesia sangat erat dengat nuansa politik. Makanya seorang Pejabat yang punya blog nge-blog, semua pemikiran asli dan tidak terpolitisir akan bisa dibaca oleh masyarakat luas. Satu hal lagi, dengan nge-blog seorang Pejabat akan terbaca kemampuannya entah teknis or teoritis tentang bidang yang dijabati. So, ini adalah sebuah langkah transparansi dalam rangka sistim evaluasi kinerja pejabat yang the right man on the right job.

4. Berbuat Amal Kebaikan

Ada banyak motivasi dari sebuah blogger membuat catatan pribadi onlinenya berbentuk blog. Bagi seorang pejabat, asalkan bukan pejabat karbitan, blog bisa menjadi ladang amal baginya dengan menyebarkan ilmu yang dimilikinya kepada khalayak lain.

5. Ajang Berlatih Menjadi Selebriti

Percaya atau tidak percaya, suka atau tidak suka, sim sala bim, ternyata menjadi blogger maka siap-siap menjadi celebriti online. Pejabat dengan wawasan yang luas, ilmu yang bermanfaat dan dibagi dalam tulisan-tulisan / postingan blognya akan menjadikan pejabat bersangkutan menjadi selebriti. So, sekali mendayung, dua tiga pulau terlampaui !

 

UPDATE (May, 20-2008 : 02.35) : 

 

1 comments:

SMSreports said...

Hello,

I'm here again ;-)

Really the most interesting Magazine templates that you have here and I saw around:

http://www.blogger.com/profile/01912676362997408032

Why don't you publish them to

http://btemplates.com/

or here

http://www.eblogtemplates.com/

?

Sorry to repeting my proposition but so nice templates will make happy a lot of people who use blogspot.com


Congratulations!

SMSreports
smsreports@gmail.com

Gorontalo Corner

Recents

Latest Comments

Institut Pertanian Bogor terkini

Eramuslim- Nasional

Template by : Faizal Kasim
RMGB Blog is Powered by Blogger-Image Hosting By TinyPic