Internet adalah pasar..Ini yang harus Anda tanamkan dalam pikiran Anda! Internet sebagai media inter-relasi informasi dan komunikasi adalah sangat luas dan tidak pernah tidur dalam 24 Jam. Ini adalah pasar yang sangat potensial untuk anda menjual sesuatu melaui internet..bukan begitu ???
Menjadikan Internet sebagai pasar, toko, atau media penjualan ide atau produk Anda adalah sesuatu yang bisa dilakukan dengan sangat mudah dan bahkan gratis seklaipun...Satu hal lagi, pasar, toko, atau yang sejenisnya diinternet tidak penah menolak barang tertentu untuk dijual. Berbeda dengan pasar tradisional, atau mall. Anda akan diusir oleh satpam mentah-mentah ketika anda mencoba menuntun seekor kambing untuk anda djual dalam sebuah Mall. Tapi kalau anda menawarkan kambing anda dalam internet …hmmm saya pikir tidak akan terjadi seperti diatas...
Cobalah tengok, berapa orang sudah blogger atau pemilik website yang mencoba menawarkan jasa dan produk mereka secara online...,sesuatu yang menjajikan tentunya.. Pertanyaan tentunya, lantas apa yang paling cocok dan mudah untuk dijual diinternet.?
Sebenarnya, ni yang gampang-gampang susah. Pada dasarnya apapun yang anda ingin jual melalui internet itu bisa anda lakukan. Baik itu anda ingin menjual sepatu, jual nasi, jualan "binthe biluhuta", jual baju, computer dan lain sebagainya…. Untuk ini kelihatannya ..sama aja dong dengan bisnis konfensional, yang menghabiskan banyak uang untuk mulai usaha….Tapi sabar, sekali lagi sabar, di sini akan dicoba-berikan sebuah alternatife ide yang bisa anda lakukan dalam berbisnis diinternet.
Berikut beberapa tips alteratif Ide untuk mencari dan memasarkan produk Anda di internet yang dikutip dari tulisan Bang Kam Adi Dama, seorang praktisi bisnis online dan offline sekaligus pendiri situs bisnis internet indonesia dot com.
Salah satu jalan yang paling mudah mendapatkan suatu produk adalah dengan menemukan suatu masalah, dan kemudian menawarkan suatu produk atau melayani untuk memecahkan masalah itu. Sekali lagi: Temukan suatu masalah dan kemudian tawarkan suatu produk atau melayani untuk memecahkan masalah itu. Mudah bukan?
Begini untuk lebih mudahnya ..kira-kira apa yang paling bikin pusing anda, setidaknya yang paling mengganggu pikiran anda? Taruhlah anda ternyata mempunyai permasalahan dengan baju anda. Anda ternyata tidak mempunyai baju yang up to date…tidak mengikuti tren jaman…tapi anda punya pacar…dari sini anda sudah menemukan sebuah ide subyek..”Bagaimana cara menggaet seorang wanita, meskipun dengan baju-baju usang anda!” ini hanya salah satu contoh saja. Atau anda dapat melakukan riset dan temukan suatu masalah di tempat lain. Dan anda telah menemukan sebuah ide produk, yaitu produk informasi. Produk inilah yang paling murah dari segi modal untuk dijual diinternet. Sama-sama menjual ‘baju’ diinternet, yang satu menjual baju beneran dan membutuhkan modal yang besar dan satu lagi hanya menjual informasi seputar baju dan tidak memerlukan modal yang besar. Ok Sekali lagi saya ulang : Memasarkan suatu Bisnis di Internet yang paling mudah untuk menjual suatu produk adalah dengan menawarkan sebuah solusi.
Orang-Orang yang dating ke internet akan membeli solusi suatu permasalahan... mereka tidak akan membeli desain web site yang indah dan canggih… Internet adalah tempat yang benar-benar potensial untuk memasarkan suatu produk. Jika anda mempunyai suatu produk yang membahas tentang ikan hias misalnya. Maka anda juga dapat menemukan ratusan ribu seluruh penjuru dunia, orang-orang dengan suatu hobby seperti yang anda jual…ini berarti produk anda layak dijual. Anda dapat menemukan orang-orang seperti ini dalam newsgroups, forum, kelompok diskusi, websites, dan email dan itu adalah pasar yang besar.
Anda bisa dapat membuat banyak uang dengan melatih pikiran anda untuk selalu menemukan solusi dari suatu permasalahan. Katakanlah setiap ide yang anda jual diinternet menghasilkan penjualan 5 juta setahun, kalau anda punya 3 atau empat produk yang anda jual tersendiri, bukankah penghasilan anda akan menjadi lebih baik bukan? Intinya kalau bisa juallah produkl lebih banyak akan lebih baik…tapi anda harus fokus dalam memasarkannya…akan percuma jika anda punya banyak produk tapi anda tidak bisa memasarkannya. Mulailah dengan satu produk, nanti dengan sendirinya yang lain akan mengikuti.
Selamat mencoba!
Sekilas tentang Bang Kam Adi Kama: Kam Adi Dama adalah seorang praktisi bisnis baik online maupun tidak. Dia salah seorang Founder (pendiri) http://www.BisnisInternetIndonesia.com. Dia juga seorang Sales and Marketing Manager di PT Isya Jaya (http://www.isya.co.id) sebuah perusahaan internet developer yang konsentrasi pasar luar negeri yang juga mengelola http://www.tokobagus.com .Selain online dia juga mempunyai beberapa usaha yang konvensional, salah satunya adalah pemilik produk air minum beroksigen dengan merek Neo O2.
0 comments:
Post a Comment