Google Dance-Bikin Puyeng aja

Lagi-lagi dari celotehnya mas cosa..karena bikin puyeng ngebaca lagian istilahnya yang baru banget..dasar newbi kale... But for SEO learning matter mungkin artikel berikut akan sangat membantu.. Satu yang berkesan dari isi artikel ini bahwa kebiasaan saya utak atik template bisa merubah index blog kita di Mesin Google..pantes aja tuh

Tanpa basa-basi silakan ikut puyeng bagi yang SEO newbi dan sila praktekan bagi yang udah mahir SEO.. Ada yang punya komen or pendapat lain jangan sungkam untuk dibagi di sini.

Google Dance? Nikmati Saja!

Google Dance Images

Mana yg lebih bikin bete, index kita di search engine kacau balau terkena Google Dance atau keyboard rusak saat sedang updet situs?

Jika pertanyaan di atas diajukan pada saya setahun yg lalu, jawaban saya adalah yg pertama. Bukan berarti sekarang saya gembira dan bikin pesta syukuran apabila salah satu situs saya terkena sandbox, namun efek ketika melihat posisi situs di SERP yg terjungkir balik tidak sedahsyat dulu. Kenapa?

Sebelum saya jawab, coba simak anekdot berikut ini.

Alkisah, pada saat NASA memulai program ruang angkasa, penelitian menunjukkan bahwa pulpen tidak bisa digunakan dalam kondisi gravitasi nol yg ada di luar angkasa. Untuk memecahkan masalah ini, ilmuwan NASA menghabiskan waktu hingga 10 tahun dan biaya yg tidak sedikit jumlahnya. Hasilnya adalah teknologi pulpen yg dapat digunakan kapan saja, baik pada lingkungan gravitasi nol, di dalam air, hingga pada temperatur beku (-300 derajat celcius). Hebatnya, pulpen NASA ini juga bisa menulis di berbagai permukaan, termasuk kaca.

Di sisi lain, ilmuwan Rusia juga menemui masalah yg sama dengan pulpen. Tapi ironisnya, mereka mendapatkan solusi yg lebih hemat dan cepat. Pensil.

Apa yg bisa kita pelajari dari anekdot di atas?

Bahwa suatu masalah tidak selalu harus diselesaikan dengan cara yg rumit nan semrawut. Ada kalanya masalah cukup dipecahkan dengan pemikiran yg sederhana atau bahkan dibiarkan sendiri hingga lenyap. Oleh karena itu, kita harus mampu mengenali berbagai masalah yg ada. Yg salah satunya bersumber dari pengalaman.

Dan berdasarkan pengalaman ini, saya dapat mengatakan bahwa segala sesuatu yg berhubungan dengan Google Dance adalah bukan masalah seurieus. Selama kita menerapkan tehnik2 SEO (White) dengan benar dan memiliki backlink yg banyak, efek Google Dance tidak perlu terlalu dikhawatirkan karena sifatnya hanyalah trend sesaat :)

Berapa lama SERP situs kita akan terpengaruh oleh Google Dance? Tidak tentu. Bisa dalam hitungan hari, minggu, maupun bulan. Yg jelas, pastikan saja proses updet tetap dilakukan dan kita tidak melakukan perubahan layout secara signifikan.

Apalagi yg bisa dilakukan pada saat index dan SERP situs kita dikacaukan oleh Google Dance?

  • Memperbanyak natural backlink ke situs yg bersangkutan dari situs2 lain. Pada saat kontes review lalu misalnya, sebenarnya blog ini sedang berada dalam kondisi tenggelam di Google. Berkat adanya tambahan natural backlink dari review2 yg masuk, blog ini bisa kembali lagi muncul ke permukaan.
  • Melakukan perubahan theme atau layout situs. Tapi sekali lagi, pastikan bahwa kita tidak melakukan perubahan yg signifikan dari sisi struktural. Misal: sidebar yg ada di kiri dipindah ke kanan.
  • Membuat situs baru.
  • Bermain2 di playground :)
  • Langkah pamungkas: Lupakan sejenak tentang bisnis internet dan kembalilah ke dunia nyata! Terbukti paling manjur dalam mengembalikan mood yg hilang, hehehe.

Jadi berikutnya, jika terkena efek Google Dance, nikmati saja :)

PS: Artikel ini didedikasikan untuk teman2 yg akhir2 ini pusing mikirin efek sandbox :)

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 26 May 2007. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 comments:

Gorontalo Corner

Recents

Latest Comments

Institut Pertanian Bogor terkini

Eramuslim- Nasional

Template by : Faizal Kasim
RMGB Blog is Powered by Blogger-Image Hosting By TinyPic