Sebar Backlink, Gimana Caranya?

Menyebar harus tau carnya biar gak dicap "tak beretiket".. Internet seperti halnya bidang lain, punya rule and kode etik. Ada baiknya artikel ini manjdai rujukan ..  biar gak nyasar dalam belajar SEO

Panduan Menyebar Backlink Melalui Komentar di Blog

Salah satu poin yang dibahas dalam pokok bahasan backlink kemarin adalah penyemaian backlink di berbagai blog melalui fasilitas komentar atau diskusi yang telah disediakan. Tentu di sini kita tidak bisa asal saja berkomentar, karena masih ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Jangan sampai kita sudah susah payah berkomentar, namun hasilnya nihil. So, simak tips-tips-nya berikut ini.

Garis Besar Haluan Berkomentar

Sebelum menghubungkannya dengan backlink, rambu-rambu berkomentar berikut ini harus Anda pahami sebelumnya:

  • Berkomentarlah sesuai dengan topik artikel yang bersangkutan. Anda juga bisa menanggapi komentar-komentar yang sudah ada sebelumnya, namun sekali lagi, stay focus.
  • Hargai pendapat dari pemilik blog dan orang lain. Tidak semua orang mau menerima komentar yang bersifat negatif (tidak bermaksud menyindir kasus yang baru-baru ini terjadi di dunia blogosphere Indonesia loh ngacir ) dan tidak semua orang dapat menerima komentar yang bernada kasar, apabila yang ditulis menggunakan bahasa monyet sinchan Ingat, komunikasi yang terjadi di sini hanya berupa kata-kata, sehingga segala sesuatunya dapat menjadi bias.
  • Do NOT SPAM! Lah berkomentar tidak sesuai topik saja sebaiknya dihindari, apabila kalau terang-terangan berniat nyepam. Pintar-pintarlah untuk membedakan antara "mengiklankan" dengan "menyarankan / mereferensikan", jangan seperti seorang pembicara seminar (bukan FN kok) yang mengajarkan bahwa mengiklankan produk di blog orang lain bukanlah spam karena di situ kita sedang berkomentar. Cape dehhhh gatau
  • Hindari menyertakan signature yang berupa DAFTAR situs-situs Anda. Pertama, saya risih melihatnya. Kedua, orang lain juga mungkin risih melihatnya. Dan ketiga, apabila ngelirik aja orang sudah risih, boro-boro mereka bakal datang berkunjung ke situs Anda.

Ladang Backlink

Jangankan di luar negeri, dari Indonesia saja jumlah blog sekarang sudah mencapai angka ribuan. Apalagi setelah akhir-akhir ini layanan blog hosting lokal mulai marak. Dari BlogDetik (yang ada mbak Maia-nya) hingga DagDigDug. Nah, kalau sudah begini, kemana harus mencari jawaban hatiku, kemana harus mengadu, hati yang merana, terluka hatiku karenamu, tersiksa hidupku tersiksa, kekasih backlink?

Jika tujuan utama Anda adalah untuk meningkatkan SERP dan PageRank, perbanyaklah berkomentar di artikel atau blog yang topiknya bersesuaian dengan topik blog atau situs yang ingin Anda perbanyak backlinknya. Masih ingat trik mendapatkan backlink dari domain .EDU yang saya tulis beberapa waktu lalu? Kita dapat memodifikasinya untuk mencari blog-blog mana yang setopik dengan blog atau situs kita.

Berikut ini kode querynya:

CODE:

  1. inurl:blog "post a comment" -"comments closed" -"you must be logged in" "topik yang dicari"

Gunakan query di atas pada kotak pencarian Google dan ganti "topik yang dicari" dengan topik situs atau blog Anda. Selanjutnya, dari hasil pencarian yang muncul, tinggal kita pilih blog-blog yang tidak beratribut nofollow (baca diskusi Tentang Backlink untuk mengetahui cara mendeteksi apakah suatu blog beratribut nofollow atau dofollow) dan kemudian meninggalkan jejak di sana.

Untuk hasil yang lebih optimal, gunakan browser Firefox dan plugin SEOQuake. Dengan kombinasi keduanya, Anda dapat langsung melihat PageRank dan AlexaRank dari setiap halaman yang muncul di daftar hasil pencarian. Mereka juga dapat langsung menandai apakah URL pada diskusi diberi tag nofollow atau tidak.

Tehnik Implementasi Penyebaran Backlink di Blog

Setelah kita mengetahui acuan dasar berkomentar dan tempat dimana kita sebaiknya berkomentar, sekarang saatnya kita pelajari tehnik implementasinya.

  1. Gunakan kata kunci yang ditarget pada kolom Nama / Name dan situs atau halaman situs yang ingin diperbanyak backlinknya pada kolom URL.
  2. Jika Anda berkomentar lebih dari satu kali di artikel yang sama, manfaatkan untuk mencari backlink bagi situs atau halaman situs Anda yang lain.
  3. Jika Anda memiliki situs atau artikel yang berhubungan dengan topik artikel di blog tersebut, referensikan situs atau halaman artikel Anda. Tidak harus menyertakan URL-nya di bagian komentar, dengan mengikuti poin pertama di atas saja sudah cukup kok. Anda tinggal menambahkan kata-kata yang mengarahkan pembaca untuk berkunjung ke situs Anda. Dengan demikian, selain mendapat backlink, Anda juga akan mendapat tambahan pengunjung. Tapi ingat sekali lagi, bedakan antara mempromosikan dan mereferensikan. Detilnya tidak perlu saya jelaskan kan? :)
  4. Jangan berkomentar terlalu singkat. "Pertamax" misalnya, hehehe. Bukan apa-apa, namun apabila perbandingan antara content halaman (termasuk artikel dan komentar) dengan jumlah outbound link kurang seimbang, maka halaman blog tersebut menjadi tidak berkualitas di mata search engine. Dan apabila halaman blognya tidak berkualitas, kualitas backlink dari halaman tersebut pun turut turun pamor. Rugi sendiri kan jadinya?

Sebagai penutup, ini lanjutan dari kartun di atas :)

Free Image Hosting At ImageCows.Net

PS:
(1) Gambar diambil dari SeeMikeDraw.Wordpress.Com
(2) Bagi yang baca artikel ini via RSS / newsletter, silahkan berkunjung ke blog untuk melihat versi lengkap kartunnya.

Artikel ini ditulis oleh Cosa Aranda dan pertama kali dipublikasikan pada tanggal 27 February 2008. Artikel bebas untuk didistribusikan ulang untuk keperluan non-komersil selama mencantumkan nama penulis dan sumber artikel serta tidak merubah separuh atau seluruh bagian dari isi.

0 comments:

Gorontalo Corner

Recents

Latest Comments

Institut Pertanian Bogor terkini

Eramuslim- Nasional

Template by : Faizal Kasim
RMGB Blog is Powered by Blogger-Image Hosting By TinyPic